mmpoker888

Monday 20 April 2015

Mau Ahli Bermain Poker Online ? Kuasai Empat Faktor ini !



MmCeme-Mau Ahli Bermain Poker? Kuasai Empat Faktor Wajib ini!. Empat Faktor Yang Wajib Dikuasai Untuk Menjadi Seorang Ahli Bermain Poker.
Cara Berpikir Seorang Pemain Poker. Seorang pemain poker profesional (pro) dapat dideskripsikan caranya bermain, yaitu Ketat dan Agresif:


“Para pemain profesional tidak akan memainkan banyak kartu di tangan, tetapi sekali mereka memainkannya
maka mereka akan bermain seolah-olah mereka memiliki kombinasi yang tak terkalahkan.”

Untuk memiliki tipe permainan tersebut di atas, seseorang wajib menguasai beberapa faktor yang sangat menentukan seperti di bawah ini :

1. Pemain Poker Memiliki Kemampuan Matematika

Kemampuan berhitung persentase

Seorang pemain poker pro memiliki kemampuan berhitung persentase kemungkinan secara baik. Anda wajib tahu bahwa untuk memperoleh sebuah Trip (contoh: AAA, KKK, 444) anda memiliki kemungkinan 1 : 8, untuk membuat kombinasi flush anda memiliki kemungkinan 1 : 3 dan seterusnya.

Mengetahui jumlah “Keluaran/Outs”

Mengenal dan mengetahui jumlah “Keluaran/Outs”, yaitu jumlah kartu yang dapat membuat kartu yang anda pegang menjadi yang terbaik. Misalnya anda memegang sepasang kartu As (AA), maka untuk memiliki kombinasi yang terbaik dalam hal ini Quad / Kwartet (AAAA) anda hanya memiliki 2 buah keluaran/outs. 2 buah outs ini dikalikan dan dan hasilnya ditambahkan satu (2 x 2 + 1) menghasilkan 5. Jadi anda hanya memiliki kemungkinan 5% untuk membuat sepasang kartu As anda menjadi kwartet As.

Mengenal “Pot Odds”

Mengenal dan mengetahui “Pot Odds” yaitu perbandingan antara jumlah koin yang telah terpasang terhadap persentase keluaran yang kita miliki untuk menjadi pemenang pada ronde yang kita mainkan saat itu. Seperti contoh di atas anda memiliki persentase outs flush sebesar 1 : 3 (33%), kartu yang akan dibagikan adalah kartu terakhir (river), jumlah koin di pot sebesar 250, betting yang dilakukan lawan anda adalah 50 maka dapat dilakukan perhitungan yaitu:

50/250 = 20% bandingkan dengan outs anda yaitu 33%, maka jika anda melakukan Call maka anda telah mengambil keputusan yang menguntungkan. Demikian pula sebaliknya jika persentase pot odds lebih besar dari persentase out maka anda mengambil keputusan yang merugikan untuk melakukan Call.

2. Pemain Poker Juga Harus Disiplin

Bermain poker yang baik adalah pastikan anda selalu memiliki keuntungan atau persentase yang tinggi untuk menang pada saat memutuskan mengikuti suatu ronde permainan. Dalam hal ini anda diharapkan hanya memainkan kartu di tangan seperti:
- AA, KK, QQ, AK, JJ dan TT
- AQ, AJ, AT, KQ, KJ, KT, QT, QJ, dan JT baik yang suit (sedaun) dan offsuit (tidak sedaun)

Untuk memperoleh kesempatan memegang kartu tersebut di atas, kesabaran dan disiplin anda sangat dibutuhkan di sini. Dalam permainan poker ini anda hanya akan memainkan 25-30% dari satu sesi permainan anda. Misalkan ada 100 ronde, maka anda hanya akan memainkan 25-30 ronde saja, itupun hanya saat anda memegang jenis kartu-kartu di atas.

Tahu kapan bermain dan kapan berhenti

Seorang pemain poker yang baik adalah tahu kapan untuk bermain dan kapan untuk berhenti bermain pada suatu sesi. Anda wajib mengetahui saat suasana hati anda sedang “Panas” (Tilt) karena sebelumnya mengalami kekalahan besar/telak (Bad Beat) gara-gara sepasang kartu As (AA) anda kalah dengan si “Keledai / Keras Kepala / Bodoh” (Donkey) yang memainkan kartu 7-2 offsuit dan dealer kebetulan mengeluarkan 2-2-7-7-K.

Biasanya hati yang “Panas” ini akan menghasilkan keputusan-kepputusan yang ngawur dan mengakibatkan anda terpuruk dalam kekalahan yang lebih parah lagi. Untuk itu sebaiknya logout dulu, beristirahat dan dinginkan hati, waktunya tergantung apakah sejam atau bahkan satu dua hari sampai perasaan dan logika anda normal kembali.

3. Psikologi Si Pemain Poker

Peduli dengan orang lain
Seorang pemain yang baik adalah orang yang selalu peduli dengan orang lain. Anda diharapkan selalu mencoba memahami keputusan-keputusan yang diambil oleh lawan anda dan alasan mengapa mereka mengambil keputusan tersebut.

Seorang pro akan mencoba memperoleh jawaban tentang:

  1. Kartu dan kombinasi apa yang sedang dipegang lawan saya?
  2. Apa yang diperkirakan lawan saya tentang kartu yang saya pegang?
  3. Apa yang diperkirakan lawan saya tentang perkiraan saya terhadap kartu yang ia pegang saat ini?


Melakukan manipulasi

Setelah anda mengetahui jawaban pertanyaan di atas, selanjutnya adalah melakukan manipulasi atas jawaban pertanyaan tersebut untuk tujuan kita memenangkan ronde yang kita mainkan saat itu. Seorang poker pro akan selalu memanipulasi jawaban dua pertanyaan terakhir terhadap caranya bermain seperti slowplaying, fastplaying dan bluffing dengan tujuan mengalahkan lawannya saat itu.

4. Pemain Poker Paham akan Risk dan Reward

Dengan mengetahui dan mengenal perbandingan antara resiko dan hadiah (penghargaan) yang didapatkan, maka seorang pemain yang baik akan memahami “Expected Value (EV)” / Perkiraan Keuntungan atas keputusan-keputusan yang akan diambilnya. Sebagai contoh:

Anda memiliki modal keseluruhan (Bankroll) sebesar 1000, selanjutnya anda memutuskan bermain di meja dengan blind 25/50. Maka EV anda saat itu adalah 50 : 50 dimana ini berarti anda memiliki kemungkinan untuk menang atau kalah (bangkrut) yang seimbang.

Setelah dealer membagikan kartu anda memperoleh sepasang kartu K (KK) dan saat giliran betting, anda melakukan Raise sebesar 200 dan hasilnya anda hanya dijawab oleh satu orang lawan saja. Flop menghasilkan A-Q-10 dan pot sebesar 525. Saat inilah anda dihadapkan pada suatu dilema dimana KK anda merupakan favorit saat preflop namun setelah flop kemungkinan akan kalah dengan sepasang As (AA), risk dan rewardnya adalah bangkrut atau anda berhasil menggandakan 1000 anda menjadi 2000…

Oleh sebab itu dari contoh di atas seorang pemain poker yang baik akan menghindari resiko yang dapat mempengaruhi bankroll-nya secara keseluruhan dengan cara memutuskan untuk bermain di limit blind yang lebih rendah. Dengan bankroll 1000 limit yang aman adalah di 1/2 (50 buy-in) yang berarti anda memiliki 20 kesempatan untuk menjadi bangkrut dibandingkan contoh di atas yang hanya sekali kesempatan. Hal ini juga memungkinkan anda untuk bermain lebih tenang dan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meraih kemenangan dan keuntungan

No comments:

Post a Comment